You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Betung
Desa Betung

Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi

Pemerintah Desa Betung Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi Mengucapakan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan, Marhaban Yaa Ramadhan...

BADAN AMIL ZAKAT 1443 H

BIMA SUPRIANTO 30 April 2022 Dibaca 145 Kali

 

 

 

 

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri untuk mensucikan orang yang berpuasa dari perkara yang sia-sia dan perkataan kotor, sekaligus untuk memberikan makan orang-orang miskin.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

 

Seperti agenda pada tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Desa Betung selalu menerima dan menyalurkan zakat fitrah melalui Badan Zakat Desa Betung. Setelah kegiatan pengumpulan zakat fitrah dari para muzakki dimulai dari 23 Ramadhan sampai 27 Ramadhan, dan telah dilsaksanakan sidang penentuan penerimaan zakat fitrah tersebut pada malam ke 28 Ramadhan serta telah disalurkan zakat fitrah dari masyarakat Desa Betung kepada yang berhak (aznaf) di wilayah Desa Betung.

 

Dari kegiatan ini, diharapkan kesadaran warga masyarakat khususnya kaum muslimin Desa Betung semakin meningkat dalam menunaikan kewajiban mengeluarkan zakat fitrah. Panitia berharap ditahun-tahun berikutnya jumlah muzakki terus bertambah sehingga semakin banyak manfaat yang diterima aznaf tersebut. Zakat yang kita keluarkan, merupakan wujud terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT dalam hidup. Oleh karena itu, salah satu manfaat zakat adalah mampu mensucikan diri kita sehingga membawa barokah dalam hidup.

 

Berzakat adalah bagian dari menjalankan rukun Islam dan proses pensucian diri. Berbagi nikmat dalam bentuk zakat akan mampu mendatangkan nikmat lainnya. Ibarat sebuah gelas yang berisi air penuh, gelas tersebut tidak akan diisi lagi bila air di dalamnya tidak dituang ke tempat lain. Itulah salah satu manfaat zakat yang berlaku bagi umat Islam.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image