You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Betung
Desa Betung

Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi

Pemerintah Desa Betung Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi Mengucapakan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan, Marhaban Yaa Ramadhan...

TRADISI BEBANTEAN SAPI/KERBAU

BIMA SUPRIANTO 01 Mei 2022 Dibaca 216 Kali
TRADISI BEBANTEAN SAPI/KERBAU

 

Wajah ceria menghiasi warga Desa Betung Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi walau hari Raya Idul Fitri belum juga tiba. Keceriaan ini ditandai dengan pemotongan 2 (dua) ekor sapi yang merupakan tradisi masyarakat Desa Betung satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri (Tradisi Bebantean Sapi/Kerbau)  Pemotongan tersebut berlangsung cepat dikarenakan sebagian besar warga ikut menangani, "Sapi tersebut di beli oleh Pemerintah Desa Betung dan datang sekira hari kemarin siang mas,” kata Bapak Mursidi selaku ketua koordinator tradisi bebantean.

Daging tersebut akan dibagikan kepada setiap rumah yang ada di wilayah Desa Betung yang mana seluruh daftar penerima sudah di data oleh masing-masing ketua RT. “Peristiwa ini merupakan tradisi sebagai wadah untuk saling berkomunikasi dan silaturahmi serta membantu masyarakat yang mana tidak mampu dalam membeli daging di hari raya" kata Datuk M.Rapai,SE (Kepala Desa Betung) yang turut menghadiri tradisi tersebut.

Tradisi ini turut disambut dengan suka cita oleh masyarakat Desa Betung dimana terlihat antusias Warga ada yang menyayat, membersihkan, memotong, menimbang, dan memilah daging sapi yang dipotong untuk nantinya akan di bagikan merata pada jam 13:00 wib. Dengan tradisi ini, masyarakat merasa senang dan bahagia dimana kebutuhan akan daging menjelag lebaran sudah terpenuhi. Harapan kedepanya mudah-mudahan tradisi ini akan tetap berlangsung, sehingga mengurangi kebutuhan menjelang lebaran.

"Tradisi sangat baik dan mulia, sudah ada sejak saya masih kecil, hingga skrng masih ada, daging dibagikan ke semua warga, setelah sholat idul fitri makan bersama dimasjid dengan cara bertukar menu hidangan...
Firdaus 01 Mei 2022
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image