You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Betung
Desa Betung

Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi

Pemerintah Desa Betung Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi Mengucapakan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan, Marhaban Yaa Ramadhan...

PENCEGAHAN AGAR TIDAK JADI KORBAN CYBER CRIME

BIMA SUPRIANTO 24 Juni 2022 Dibaca 179 Kali
PENCEGAHAN AGAR TIDAK JADI KORBAN CYBER CRIME

Dengan maraknya kasus penipuan belakangan ini kami pemerintah Desa Betung menyarankan supaya tidak jadi korban kejahatan digital, Anda bisa menjalankan beberapa tips berikut:

 

  • Bagi Pemilik Web, Optimasi Sistem Keamanannya

Website cukup rawan diretas. Jika Anda memiliki web, berikan perlindungan extra.  Hostingkan web di penyedia layanan hosting terpercaya dan bisa menjamin keamanan web Anda. Selain itu, Anda juga perlu melakukan sejumlah konfigurasi tambahan. Misalnya dengan memasang SSL, firewall, rutin update sistem, dll.

 

  • Menerapkan 2-Factor Authentication (2FA)

Saat ini, sudah banyak website menerapkan 2FA. Jadi saat login, tidak hanya memasukan username dan password, tapi juga mengirim kode OTP ke handphone.

 

  • Password dengan Kombinasi Unik

Sayangnya, belum semua web menggunakan 2FA. Anda bisa menjaga keamanan pribadi dengan membuat kombinasi password yang unik. Gunakan kombinasi angka, huruf, dan karakter yang sulit ditebak. Selain itu, secara berkala gantilah password tersebut.

 

  • Update Sistem Keamanan

Pastikan software sistem keamanan di perangkat Anda selalu terupdate. Virus, Malware, dan berbagai ancaman lain selalu diperbaharui. Untuk melawannya Anda butuh sistem keamanan dengan update terbaru.

 

  • Gunakan Software Asli

Software bajakan kerap dimanfaatkan untuk menyusupkan malware. Lebih baik gunakan software original. Selain untuk menjaga keamanan, kinerja software original akan lebih baik daripada software bajakan.

 

  •  Jangan Mudah Percaya

Jika ada pihak tertentu yang meminta Anda memberikan data pribadi, jangan langsung percaya. Selalu lakukan cross check ulang. Informasi personal Anda sangat berharga, jangan mudah untuk membagikannya. Saat mendapat email dengan link mencurigakan, jangan mudah terjebak. Jika benar-benar mencurigakan lebih baik abaikan dan langsung dihapus saja.

 

  • Hindari Website-website Tidak Jelas

Anda tentu banyak menemui web-web tidak jelas. Jika Anda diarahkan untuk masuk ke web semacam itu, lebih baik langsung menutupnya.

 

  • Periksa Akun Finansial Anda

Lakukan pemeriksaan pada akun finansial Anda secara berkala. Ganti passwordnya juga secara berkala dengan kombinasi yang sulit ditebak. Intinya, Anda harus selalu waspada dan berjaga-jaga agar tidak terjebak jadi korban cyber crime.

 

Cyber Crime: Kejahatan Maya yang Dampaknya Terasa Nyata

Cyber crime tidak bisa dianggap enteng. Meski tidak kejahatannya berlangsung di dunia nyata, kerugiannya bisa Anda rasakan secara nyata. Kenali berbagai jenis kejahatan digital. Pahami ciri-ciri, karakteristik dan modus yang biasa digunakan. Pengetahuan tersebut akan sangat berguna bagi Anda untuk terhindar dari kejahatan tersebut. Peringatkan juga orang-orang terdekat Anda untuk selalu waspada dan berjaga-jaga dengan sistem keamanan ganda.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image