You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Betung
Desa Betung

Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi

Pemerintah Desa Betung Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi Mengucapakan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan, Marhaban Yaa Ramadhan...

Pemerintah Desa Betung Minta Masyarakat Tak Panik Terhadap Wabah PMK

BIMA SUPRIANTO 25 Juni 2022 Dibaca 135 Kali
Pemerintah Desa Betung Minta Masyarakat Tak Panik Terhadap Wabah PMK

BetungNews- Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah atau yag seringkita kenal Hari Raya Qurban. Pemerintah Desa Betung menghimbau agar masyarakat tidak panik dengan adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak.

 

diambil dari harian Kompas - tanggal 14/05/2022, pukul 19:30 wib, Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) merupakan penyakit yang menyerang hewan ternak. Wabah ini kadang disebut juga dengan wabah sapi karena banyak menyerang sapi. Bagaimana gejalanya dan apa bahayanya? Wabah PMK Penyakit mulut dan kuku adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan sangat menular. Gejala yang paling tampak adalah demam, blister di mulut dan kaki hewan ternak, dan air liur kental. Hewan ternak yang bisa terkena wabah PMK antara lain sapi, kerbau, unta, kambing, domba, rusa, dan babi. PMK umumnya tidak mematikan bagi hewan ternak yang sudah dewasa. Namun, bagi hewan yang masih muda, PMK bisa menjadi sangat serius dan menimbulkan kerugian produksi yang sangat tinggi.

 

Kepala Desa Betung Datuk M.Rapai,SE menyampaikan "Pemerintah Desa telah meminta Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muaro Jambi untuk selallu siap memeriksa apabila terdapat gejalah wabah PMK pada hewan ternak masyarakat Desa Betung serta telah memerintahkan kepada Perangkat Desa untuk aktif sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terjadi kepanikan terlebih dalam menyambut Hari Raya Qurban pada tahun 2022 ini. Penyakit mulut dan kuku hewan ternak tersebut tidak berbahaya ke manusia dan demikian kepada pemilik hewan ternak agar tidak terjadi panic selling". Sabtu (25/06/2022)

Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) merupakan penyakit yang menyerang hewan ternak. Wabah ini kadang disebut juga dengan wabah sapi karena banyak menyerang sapi. Bagaimana gejalanya dan apa bahayanya? Wabah PMK Penyakit mulut dan kuku adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan sangat menular. Gejala yang paling tampak adalah demam, blister di mulut dan kaki hewan ternak, dan air liur kental. Hewan ternak yang bisa terkena wabah PMK antara lain sapi, kerbau, unta, kambing, domba, rusa, dan babi. PMK umumnya tidak mematikan bagi hewan ternak yang sudah dewasa. Namun, bagi hewan yang masih muda, PMK bisa menjadi sangat serius dan menimbulkan kerugian produksi yang sangat tinggi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Wabah PMK dan Pengaruhnya pada Manusia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sains/read/2022/05/14/193000123/mengenal-wabah-pmk-dan-pengaruhnya-pada-manusia.
Penulis : Nadia Faradiba
Editor : Nadia Faradiba

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image