You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Betung
Desa Betung

Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi

Pemerintah Desa Betung Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi Mengucapakan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan, Marhaban Yaa Ramadhan...

Perkumpulan Petani Pemakai Air Teluk Bungin Desa Betung Mendapatkan Pembinaan Oleh PUPR Provinsi

BIMA SUPRIANTO 29 Juni 2022 Dibaca 116 Kali
Perkumpulan Petani Pemakai Air Teluk Bungin Desa Betung Mendapatkan Pembinaan Oleh PUPR Provinsi

Pemerintah Provinsi Jambi dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembinaan IP3A/GP3A/P3A Daerah Kewenangan Provinsi Jambi Tahun 2022. Acara ini berlangsung dari Hari Selasa Tanggal 21 Juni sampai dengan Kamis 23 Juni 2022 bertempat di Shang Ratu Hotel. Dalam pembinaan ini, hadir selaku narasumber Perwakilan dari BAPPEDA Provinsi Jambi yang dalam hal ini menyampaikan terkait arah kebijakan Pemerintah Provinsi Jambi serta Regulasi Daerah terkait Ketahanan Pangan di Provinsi Jambi, yang kedua Kepala Bidang Sumber Daya Alam PUPR  yang dalam hal ini menyampaikan arahan kepada seluruh peserta serta memperkenalkan sistem irigasi yang baik, dan narasumber terakhir dari Direktorat OP dalam kesempatan nya menyampaikan arahan tentang memberdayakan kelembagaan IP3A,GP3A Serta P3A.

 

Dalam meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas pertanian terutama padi sawah, air merupakan salah satu faktor penentu dalam proses produksi pertanian. Dalam memenuhi kebutuhan air untuk keperluan berbagai keperluan usaha tani, maka air harus tersedia dalam jumlah, waktu dan mutu yang tepat. Jika tidak maka tanaman akan terganggu pertumbuhannya yang pada gilirannya akan mempengaruhi produksi dan produktivitas suatu kegiatan usaha tani. Sejalan dengan itu sarana yang paling utama mendukung adalah jaringan irigasi yang terkelola dengan baik. Jaringan irigasi adalah prasarana yang sangat vital yang harus dipelihara sehingga dapat meningkatkan produktivitas beberapa jenis tanaman yang diusahai.

 

Pembangunan di bidang pertanian dalam rangka meningkatkan swasembada pangan dan produksi pertanian lainnya untuk meningkatkan pendapatan petani pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, perlu dudukung oleh kesinambungan kegiatan tata guna air dan jaringan irigasi di tingkat usaha tani secara tepat guna dan berhasil guna.

 

Hal tersebut harus didukung peran aktif atau partisipasi dari masyarakat petani yang bernaung di dalam suatu wadah organisasi perkumpulan petani pemakai air (P3A). Dimana dengan adanya partisipasi dari organisasi ini segala kebutuhan petani terutama dalam memenuhi kebutuhan air irigasi dapat teratasi dengan baik.

 

Di dalam perjalanannya organisasi P3A ini diharapkan berperan aktif di dalam mengelola pertanian di daerahnya dan harus selalu mengikuti perkembangan perkembangan terbaru di dalam peningkatan usaha tani. P3A juga harus dapat mengembangkan kemampuan dan organisasinya secara mantap agar dapat mengelola daerah irigasi secara mandiri dan berkelanjutan. Dengan adanya organisasi P3A ini pengelolaan air irigasi menjadi lebih baik dari sebelumnya, sehingga lahan-lahan pertanian dapat terairi sesuai kebutuhannya. Apabila di dalam suatu daerah, jaringan irigasinya sudah tertata dan terkelola dengan baik serta didukung partisipasi organisasi P3A yang mendorong berjalannya peran P3A dengan baik pula, maka diharapkan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas lahan dimana hal ini akan mempengaruhi tingkat pendapatan petani.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image